Hoisting Crane Pabrik Kelapa Sawit

Hoisting Crane Pabrik Kelapa Sawit

Hoisting crane pabrik kelapa sawit tentu memiliki peran sangat penting. Indonesia sendiri termasuk sebagai negara penghasil minyak kelapa terbaik di dunia. Terlebih sudah ada banyak pabrik berdiri untuk mengolahnya. Tanpa adanya alat berat ini tentu saja proses pengolahannya kurang efisien.

Cara Menghitung Kapasitas Hoist Crane di Pabrik Kelapa Sawit

Perlu Anda ketahui, bahwa untuk mengolah kelapa sawit tentu memerlukan beberapa peralatan agar prosesnya berjalan dengan baik. Salah satunya adalah pengangkat lori atau yang orang kenal dengan sebutan hoist crane. Alat berat ini berfungsi sebagai pemindah lori yang berisi banyak kelapa sawit.

Dengan begitu, buah kelapa sawit yang sadah dipindahkan dapat dengan mudah diproses ke hopper thresher. Pasalnya, apabila hanya menggunakan tenaga manusia saja tentu kurang efektif. Sedangkan jika memakai hoist crane lebih efisien karena mampu mengangkat beban cukup berat hingga berton-ton.

Adapun kapasitas atau beban yang dapat dicapai oleh setiap mesin hoist crane umumnya berbeda-beda. Salah satunya ada yang sebanyak 5 ton. Biasanya, dua alat berat ini di pabrik sawit ini dapat mengangkat hingga 30 ton setiap jamnya. Jika memerlukan 60 ton per jam maka gunakan tiga unit mesin.

Cara Kerja Hoist Crane di Pabrik Kelapa Sawit

Kelapa sawit merupakan salah satu buah yang menjadi bahan baku minyak. Hingga saat ini sendiri banyak masyarakat meliriknya karena harganya sangat terjangkau. Terlebih kandungannya juga rendah kolesterol sehingga cocok bagi semua orang. Di bawah ini beberapa cara kerja hoist crane di pabrik tersebut:

Memindahkan Lori

Saat proses pengolahan kelapa sawit, terdapat stasiun thresher yang berfungsi untuk melepaskan tandan buah sawit yang sudah direbus dengan tandan sistem bantingan. Dalam hal ini, memerlukan hoisting crane yakni sebuah pesawat angkat untuk memindahkan lori cook fruit bunch pada hopper thresher.

Alat tersebut nantinya dapat Anda manfaatkan untuk mengangkat beban sekitar 5 ton. Adapun bagian paling terpentingnya bernama joystick sehingga perlu melakukan perawatan sebaik mungkin pada komponen tersebut. Apabila terjadi kerusakan pada mesin ini maka perlu segera menggantinya.

Bergerak Lewat Jalur yang Tersedia

Perlu Anda ketahui juga bahwa hoisting crane nantinya juga akan lewat jalur yang sudah tersedia. Umumnya bagian jalur yang terlewati tersebut berupa c-track. Saat menyusun posisinya, maka umumnya sudah akan menjadi satu dengan jalurnya sehingga alat berat ini akan melewatinya secara efisien.

Akan tetapi, apabila Anda ingin mengganti track tersebut dengan yang baru, maka sangat penting mencari pihak yang memang menjual c-track crane secara langsung. Dengan begitu hanya perlu melakukan pergantian saja kemudian bisa menggunakannya kembali sesuai kebutuhan masing-masing.

Cara Merawat Hoisting Crane Pabrik Kelapa Sawit

Tahukah Anda, bahwa minyak kelapa sawit memiliki banyak nilai plus. Dengan menggunakan hoisting crane, maka tentu saja pengolahannya semakin efektif sehingga hasilnya juga lebih cepat. Selain memakainya saja pengguna juga perlu memahami bagaimana cara perawatannya. Berikut selengkapnya:

Perawatan Dasar

Sebagai perawatan dasar, Anda perlu memberikan mesin pelumas terutama pada elektrik motor, bearing, serta gear box. Selain itu, rope drum dan wire rope juga memerlukan pelumas sehingga lebih efektif mengurangi keausan akibat gesekan. Jika terdapat bagian tersebut yang rusak maka perlu menggantinya.

Apabila Anda sudah melakukan proses pelumasan, pastikan juga memeriksa bagian gigi transmisi mesinnya. Hal ini agar nantinya dapat mengurangi resiko macet ketika sewaktu-waktu operator jalankan. Selain itu, cek juga panel elektrikal dan kabel instalasinya karena perlu tertata serapi mungkin.

Perawatan Sparepart

Bagi produsen kelapa sawit, sangat penting juga untuk mengenal dan merawat setiap sparepart dari mesin hoist crane tersebut. Hal ini agar lebih mudah dalam mendukung proses pengolahannya secara efektif mungkin. Oleh sebab itu, usahakan selalu memperhatikan pemilihan sparepartnya.

Ada baiknya Anda selalu menggunakan sparepart dengan beberapa merk terkenal. Tentu saja bisa menjadi pilihan terbaik agar semakin efektif dan fungsional saat berada di pabrik kelapa sawit. Selain itu, tidak mudah juga mengalami kerusakan saat ingin menggunakannya dalam jangka waktu panjang.

Pergantian Komponen

Salah satu bagian atau komponen penting dalam hoist crane kelapa sawit adalah travel wheel, rope guide, hingga wire rope. Kemudian apabila terdapat kerusakan maka sangat penting bagi Anda untuk segera melakukan pergantian. Usahakan juga untuk tidak menundanya karena hanya memperburuk keadaan.

Pasalnya, proses pergantian tersebut sangat penting karena komponen ini memiliki peran begitu krusial dalam mengoperasikan proses pengolahan kelapa sawit. Tidak heran jika bagian tersebut perlu Anda ganti dengan pemilihan produk terbaiknya agar menghindari kerusakan pemakaian meski dalam waktu singkat.

Service dan Perawatan Mesin

Tahukah Anda, bahwa seluruh peralatan yang terpakai untuk mengolah kelapa sawit tentunya memerlukan perawatan yang baik dan benar. Oleh sebab itu, sangat penting untuk dilakukan oleh teknisi ahlinya agar segala bentuk kerusakan dapat terdeteksi. Jika tidak tentu saja bisa membahayakan orang di sekitarnya.

Selain itu, hal ini juga agar nantinya lebih mudah dalam menghindari resiko kerusakan. Tidak heran jika sangat penting melakukan perawatan secara rutin. Apabila Anda tidak memiliki teknisi yang ahli dalam melakukan service hoist crane tersebut, maka gunakan saja layanan jasa yang terpercaya.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai hoisting crane pabrik kelapa sawit. Setelah mengetahuinya, maka tentu saja Anda mengetahui betapa pentingnya peran alat berat tersebut. Oleh sebab itu, apabila menggunakannya pastikan melakukan perawatan secara rutin agar bisa berfungsi dalam waktu lama. Beli di sini hoist crane merk Elephant.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *