Cara Pasang AC Sesuai Standar Kesehatan

Cara Pasang AC

Cara pasang AC ini perlu Anda ketahui dahulu sebelum benar-benar menggunakannya. Pembengkakan biaya listrik memang menjadi salah satu penyebabnya, namun kebanyakan orang memang memilihnya agar suhu ruangan dingin dan sejuk bagi semua anggota keluarga.

Cara Pasang AC untuk Kantor

Satu hal yang paling penting untuk Anda perhatikan yaitu dengan menentukan tempat pemasangan AC-nya. Mengingat kantor memiliki beberapa ruangan khusus lainnya, maka akan ada banyak instalasi akan petugas lakukan sebelumnya. Pastikan jika jarak tempuh AC juga tidak melebihi panjang pipa.

Selanjutnya, Anda perlu memasang breket sebagai tempat penyangganya. Biasanya memerlukan alat berupa bor untuk melubangi dinding. Tahap berikutnya yaitu dengan membuat lubang guna menjadi tempat keluarnya sistem pipa. Jangan lupa mempersiapkan MCB baik di indoor maupun outdoor.

Kini Anda hanya perlu menghubungkan pipa AC di indoor dan juga outdoor. Petugas akan memakai kunci inggris karena lebih mudah sebagai penghubungnya. Lakukan pemasangan kabel dan selanjutnya uji pemipaan untuk mengetahui apakah ada kebocoran atau tidak.

Cara Pasang AC untuk Hotel

Lain halnya dengan pemasangan AC yang ada di hotel. Tentu saja akan banyak memerlukan sistem instalasi mengingat bahwa memiliki kamar, lobi atau ruangan lainnya. Pastinya satu hal paling penting yaitu menentukan dimana lokasi untuk memasangnya karena menentukan efektivitas suhu dinginnya.

Sama halnya dengan sebelumnya, persiapkan untuk memasang braket, lubang di dinding serta MCB sebagai sumber listriknya. Pastikan mengukur posisi terlebih dahulu sehingga petugas akan memasang pipa dan kabel daya dari luar ruangan dalam keadaan tidak melenceng dan tampak rapi.

Sementara untuk pemasangan AC outdoor hanya menyesuaikan panjang pipa. Tentukan dahulu breket sebagai tempat meletakkannya. Jarak antar keduanya harus sama dengan baut di bagian kaki sehingga tidak begitu dekat dan jauh. Gunakan selalu bor dan mata bor beton untuk mengencangkan.

Cara Pasang AC untuk Rumah

Sebenarnya cara pemasangan AC pun sama saja hanya berbeda pada tempat peletakannya. Satu hal yang penting untuk Anda tentukan yakni tempat peletakannya. Pastikan agar mampu mendinginkan segala ruangan secara merata sehingga semua anggota keluarga akan merasa nyaman di rumah.

Pertama, pasanglah breket sebagai tempat peletakan dan juga melubangi dinding untuk menempatkan fisher sekrupnya. Selanjutnya buatlah lubang di samping kanannya guna tempat keluarnya pipa AC, kabel daya dan instalasi lainnya. Gunakan palu agar memudahkan pelubangan tersebut.

Sistem pemasangan secara outdoor ini tidak bisa bekerja apabila tanpa menggunakan aliran listrik. Jadi jangan lupa untuk memasang MCB sebagai sumber dayanya. Sekaligus pastikan bahwa semua kabel sudah Anda pasang dengan rapi demi menghindari penataan kurang indah dalam rumah.

Pengujian Pemipaan dan Saluran Gas Keseluruhan Pipa AC

Setelah Anda melakukan semua tahap sebelumnya, maka langkah ini bisa menjadi kondisional karena hanya untuk memastikan apakah sistem instalasi memiliki indikasi adanya kebocoran atau tidak. Lakukan pengecekan dengan membuka penutup salah satu katup bertekanan tinggi memakai kunci L.

Pengecekan ini bisa Anda lakukan dengan mendengar atau menggunakan air sabun sebagai indikatornya. Jika ada, maka gunakan saja alat berupa leak detector. Sementara tahap paling akhir yaitu finishing yang mengharuskan semua pemipaan tampak rapi dengan melilitkan perekat duct tape.

Jangan lupa untuk memasang pipa paralon berukuran setengah inch guna menyalurkan air buangan dari AC. Kunci penutup katup bertekanan rendah dan tinggi ini perlu Anda pasang di bagian akhirnya agar tampak rapi. Kini AC sudah dapat berfungsi dengan mengatur suhunya sesuai keinginan.

Peralatan untuk Pasang AC

Ada banyak peralatan yang perlu penyedia jasa service AC Malang siapkan untuk memasang AC di berbagai tempat. Biasanya penyedia jasa pemasangan akan memiliki serangkaian alat ini secara lengkap demi memudahkan pekerjaan mereka. Fungsinya pun beragam sehingga dapat mereka sesuaikan berdasar kebutuhan.

Peralatan ini mulai dari obeng plus minus, 1 set kunci pas, tang potong dan kombinasi, kunci inggris serta kunci L sesuai dengan ukuran. Fungsinya untuk membuka katup bertekanan tinggi dan juga rendah di sistem instalasi outdoor. Setidaknya beberapa alat ini wajib untuk Anda siapkan sebelumnya.

Ada juga beberapa peralatan lain yang bersifat kondisional sehingga Anda hanya memerlukan apabila memang benar-benar memerlukannya. Mulai dari penggaris, meteran, palu, bor listrik, fisher bracket untuk outdoor dan indoor serta bor listrik. Fungsinya pun standar sehingga tidak selalu petugas pakai.

Bahan-bahan untuk Pasang AC

Bahan-bahan ini umumnya sudah petugas jasa pasang AC siapkan. Namun tidak ada salahnya apabila Anda mengerti apa saja yang sebenarnya mereka perlukan. Sebagai pelanggan atau pengguna AC, maka pastikan untuk memilih AC dengan kualitas baik sekaligus mempersiapkan berbagai jenis alatnya

Pertama yang pasti Anda perlukan yaitu serangkaian AC dengan beberapa komponen secara lengkap. Selanjutnya beberapa bahan lainnya yakni pipa tembaga sebagai penghubung sistem instalasi indoor dan outdoor. Jangan lupa untuk menyiapkan breket menjadi tempat peletakannya.

Selanjutnya ada juga fisher besi yang berguna untuk menempelkan bracket outdoor. Anda juga perlu menyiapkan fisher plastic sekaligus sekrup sebagai pelengkap dalam penempelan bracket secara indoor. Selanjutnya MCB, box, kabel, lakban non lem serta pipa PVC guna membuang air AC.

Cara pasang AC di atas bisa menjadi referensi bagi Anda saat memasangnya. Pastikan untuk mempersiapkan beberapa bahan dan peralatannya dahulu secara lengkap. Tujuannya agar tidak kesulitan ketika sedang pemasangan berlangsung dan sistem instalasi tampak rapi serta berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *