Cara Mengatasi WC Mampet Tanpa Sedot WC

Cara Mengatasi WC Mampet Tanpa Sedot WC

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai cara mengatasi wc mampet tanpa sedot wc. Pembahasan kali ini sangat penting, karena wc merupakan salah satu bagian penting yang sering kita gunakan di rumah.

Bisa Anda bayangkan, apa yang akan terjadi jika wc di rumah Anda mengalami kendala? Apalagi jika wc nya mampet, tentu dapat membuat keadaan menjadi tidak nyaman, karena adanya bau yang kurang sedap iya kan?

Lalu, apa yang akan Anda lakukan jika wc dalam keadaan mampet? Nah, biasanya beberapa orang akan langsung melakukan pembongkaran wc atau buru-buru menghubungi petugas sedot wc Surabaya. Padahal, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi wc mampet tanpa perlu melakukan sedot wc, apalagi sampai membongkarnya. Mau tau cara apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut? Yuk, kita simak ulasannya berikut ini ya.

Beberapa Cara Praktis Mengatasi WC Mampet

Apabila wc di rumah Anda mampet. Mungkin cara paling mudah adalah melakukan penyedotan.  Namun, apakah rumah Anda memiliki alat sedot wc? Nah, jika Anda tidak memiliki alat seperti itu. Maka, ada beberapa cara mengatasi wc mampet berikut ini:

Menggunakan Bubuk Soda Kue dan Cuka Putih

Cukup dengan menggunakan cuka dan juga soda kue, maka masalah yang ada di dalam wc Anda dapat di atasi. Mau tau bagaimana caranya? Berikut adalah pembahasannya:

  1. Pertama, tuangkan dulu bubuk soda kue pada wc yang mampet.
  2. Campurkan cuka putih sedikit demi sedikit.
  3. Biarkan kedua larutan tadi selama kurang lebih 5 menit.
  4. Setelah Anda biarkan 5 menit. Selanjutnya, siram menggunakan air panas.

Saat melihat gelembung keluar dari lubang toilet, itu menandakan larutannya sedang berkerja menghancurkan kotoran yang menyumbat toilet Anda.

  1. Terakhir, diamkan toilet selama 1 malam. Keesokan harinya, Anda dapat membilasnya menggunakan air bersih.

Menggunakan Sabun Cuci Piring Dan Air Panas

Saat wc mampet, jangan buru-buru panik ya? Langsung pergi ke dapur, dan ambilkan sabun cuci piring. Struktur sabun cuci piring yang licin dapat membantu melancarkan sumbatan di dalam toilet. Caranya pun tidak kalah praktis. Berikut adalah beberapa langkah cara mengatasi wc mampet menggunakan sabun cuci piring dan air panas :

  • Tuangkan setengah gelas sabun cuci piring ke dalam wc.
  • Lalu, ikuti dengan menuangkan air panas secara perlahan.
  • Diamkan larutan beberapa menit ya.
  • Setelah Anda diamkan selama 10 menit, siram menggunakan air yang bervolume besar menghilangkan sumbatannya.

Kedua bahan ini cocok Anda gunakan untuk sumbatan yang berbentuk kertas atau tisu.

Menggunakan Plastik Wrap atau Plastik Pembungkus Makanan

Sebelum mengetahui bagaimana cara kerja menghilangkan sumbatan menggunakan plastik wrap. Sebaiknya, Anda ketahui dulu apa itu plastik wrap.

Pengertian Plastik Wrap

Plastik wrap merupakan jenis plastik yang biasanya Anda gunakan untuk membungkus makanan. Biasanya, plastik ini terkenal dengan sebutan plastik wrapping. Meskipun bentuknya tipis, namun plastik wrap tahan terhadap suhu microwave atau freezer.  Selain itu, banyak keunggulan lain yang ada pada plastik ini.

Dengan begitu, tidak heran jika plastik wrap menjadi salah satu solusi mengatasi wc mempat. Lalu bagaimana langkah mengatasi wc mempat dengan plastik wrap?

Pertama-tama, Anda harus menutup  rapat kloset duduk dengan menggunakan plastik. Pastikan plastik benar-benar menutupi semua bagian tempat duduk tersebut. Jika Anda telah yakin bagian tempat duduknya sudah tertutup. Lanjutkan dengan menekan tombol flush kali.

Nah, tekanan udara yang keluar dari kloset akan ditahan, dan didorong kembali ke dalam kloset. Itulah, yang akhirnya mendorong sumbatannya.

Namun, Anda ingat bahan plastik wrap untuk mengatasi wc mempat lebih cocok Anda gunakan untuk toilet duduk.

Menggunakan Bahan atau Produk Enzimatis

Kelebihan mengatasi wc mempat menggunakan bahan enzimatis yaitu saluran pembuangan tidak akan rusak.

Hanya saja, bahan enzimatis dapat lebih efektif Anda gunakan untuk sumbatan yang berbentuk kotoran organik. Cara memperoleh bahan enzimatis untuk cara mengatasi wc mempat tidak sulit koq. Anda dapat memperolehnya di toko kimia atau bangunan terdekat di rumah Anda.

Terdapat beberapa obat anti sumbat yang dapat Anda pilih. Namun, sebelum menggunakan produk tersebut. Sebaiknya, Anda bedakan dulu keperluannya.

Apakah obat anti sumbat yang akan Anda gunakan untuk toilet atau untuk saluran air. Jenis saluran air biasanya berasal dari pembuangan kamar mandi, saluran cuci piring, atau saluran got. Sedangkan toilet yaitu saluran buang air besar.

Kedua hal tersebut tentunya berbeda. Sebab,  jika buang besar biasanya  akan masuk ke dalam septic tank. Nah, perlu Anda ketahui, di dalam septic tank  terdapat bakteri yang dapat mengurai kotoran supaya tidak cepat penuh.

Jadi, jika salah memilih obat anti sumbat, bisa-bisa Anda malah mematikan bakterinya. Sehingga, kotoran jadi cepat penuh. Kalau sudah begitu,  kita sendiri yang akan jadi repot, iya kan?

Selanjutnya, bedakan mana obat anti sumbat berbahan kimia dengan organik organik. Untuk obat anti sumbat bahan kimia dapat mematikan mikroba alami yang seharusnya dapat mengurai kotoran.

Oleh karena itu,  jika ingin melancarkan sumbatan pada saluran air gunakan yang obat berbahan kimia. Sebaliknya, jangan gunakan obat anti sumbat kimia untuk mengatasi toilet mempat/saluran pembuangan air besar. Sebab obat kimia tmalah akan membunuh microba alami yang ada dalam septic tank.

Lalu, bagaimana dengan soda api? Nah, soda api juga merupakan obat kimia. Sehingga cocok Anda gunakan untuk mengatasi masalah sumbatan pada saluran air, bukan untuk toilet atau saluran buang air besar.

Demikianlah ulasan saya kali ini mengenai cara mengatasi wc mampet. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *